Partikel Pembentuk Planet LENYAP!

Share
avatar
joulesilolo
Pengguna Aktif
Pengguna Aktif

100816

Partikel Pembentuk Planet LENYAP!

Post by joulesilolo

Fakta - Hamparan debu kosmik ratusan juta mil ditemukan lenyap secara misterius oleh para ilmuwan.



Para ilmuwan bingung, bagaimana debu cincin raksasa - yang dapat membentuk planet-planet seperti kita - lenyap dari pandangan di sekitar sebuah bintang yang jaraknya 450 tahun cahaya (enam triliun mil) dari Bumi.

Para astronom telah memantau bintang tersebut dengan nama jelas TYC 8241 2652, sejak 25 tahun sebelum debu itu bersinar hingga mulai memudar selama jangka dua setengah tahun. Kini, gambar teleskopik telah mengkonfirmasi hilangnya hampir seluruh awan debu, sebagaimana dilaporkan dalam jurnal ilmiah Nature.


"Banyaknya debu yang mengorbit dekat bintang muda menyiratkan bahwa planet berbatu mirip dengan planet-planet terestrial di tata surya kita berada dalam proses pembentukan," kata Ben Zuckerman (bukan Zuckerberg engga ini bukan saudaranya pencipta Facebook  Laughing lol! ), pemimpin peneliti dari University of California.



"Kami tidak mengetahui secara akurat dari mana debu itu berasal, dan kami juga tidak tahu pasti apa yang menyebabkannya lenyap begitu cepat,"

Para ilmuwan percaya bahwa pandangan tersebut melukiskan sebuah gambaran tentang bagaimana tata surya kita terbentuk, dengan debu menciptakan planet berbatu seperti Bumi.

Bintang tersebut hanya berusia 10 juta tahun, jauh bila dibandingkan dengan matahari kita--4,6 miliar tahun.

Carl Melis, rekan penulis penelitian dan pemimpin tim temuan, mengatakan setidaknya ada dua alur cakram yang kemungkian telah lenyap.

Partikel-partikel debu kemungkinan telah diseret ke bintang itu akibat medan gravitasi atau telah melayang bebas ke angkasa.



Sumber : joulesilolo's Private Blog (Seputar Fakta!)  Very Happy Very Happy lol!
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking


    Waktu sekarang Fri Jul 21, 2017 7:31 am