Selamat Datang!

Silakan masuk atau daftar untuk dapat menikmati seluruh fitur di forum ini.


You are not connected. Please login or register

Perpustakaan Online Info Astronomy » Ruang Pengguna » Artikel Astronomi » OKSIGEN TERDETEKSI DI LUAR ANGKASA

OKSIGEN TERDETEKSI DI LUAR ANGKASA

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

joulesilolo


Pengguna Aktif
Pengguna Aktif
Arrow Fakta - Salah satu penjelajahan astronomi terpanjang menyimpulkan bahwa para astronom telah menemukan adanya kandungan molekul oksigen pada ruang angkasa.  Exclamation Question


Sementara atom-atom tunggal yang telah ditemukan berdiri sendiri atau yang bersenyawa dalam molekul-molekul lain, dari molekul oksigen yang kita hirup—belum pernah terlihat.
Teleskop ruang angkasa Herschel telah mendeteksi adanya sejumlah molekul dalam satu wilayah pembentukan bintang pada konstelasi Orion.
Temuan ini akan diterbitkan dalam jurnal Astrophysical.  bounce bounce
Oksigen adalah unsur yang paling melimpah ketiga dalam kosmos, setelah hidrogen dan helium. Berbentuk molekuler dengan dua atom yang tergabung dalam satu senyawa rangkap, hal inilah yang menopang adanya kehidupan di Bumi—namun wujudnya tidak pernah terlihat secara definitif pada ruang angkasa.
Satu upaya dari teleskop Swedish Odin pada 2007, yang diterbitkan pada jurnal Astronomy and Astrophysics, mengkalim adanya temuan oksigen di wilayah pembentukan bintang, namun temuan tersebut tidak dapat dikukuhkan secara independen.  cherry
Salah satu lokasi yang paling memungkinkan atas lenyapnya oksigen adalah terkunci di dalam butiran debu dan menyatu dengan air es.
Tim memilih wilayah pembentukan bintang pada konstelasi Orion, dengan keyakinan bahwa oksigen kemungkinan akan lepas dari air es dan debu dalam suhu lebih hangat, lebih-lebih pada ruang angkasa.
Instrumen pada teleskop Herschel, cukup sensitif terhadap sinar infra-merah, tanda-tanda terlepasnya molekul oksigen sulit dipahami.
 “Hal ini menjelaskan di mana sebagian besar oksigen kemungkinan tersembunyi,” ujar Paul Goldsmith, ketua peneliti pada Proyek Oksigen Hersche.
 “Namun kami tidak menemukannya dalam jumlah besar, dan masih belum dapat dipahami apa keistimewaan wilayah yang kita temukan tersebut. Alam semesta masih menyimpan berbagai misteri.”  affraid
Sumber : joulesilolo's Private Blog (Seputar Fakta!)  Very Happy Very Happy lol!

http://jourdanlesilolo.blogspot.com/
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

Post on Tue Aug 09, 2016 12:39 pm by Dimas Suharto

Makasih infonya Smile

Post on Tue Aug 09, 2016 1:48 pm by Annisa A

Maksudnya 'tidak pernah terlihat secara definitif' apa? Lalu darimana mengetahui bahwa Oksigen paling banyak ketiga di kosmos?
Btw, tks infonya, masih newbie saya jadi kalau ada pertanyaan bodoh mohon diluruskan

Post on Wed Aug 10, 2016 6:34 am by joulesilolo

@Annisa A wrote:Maksudnya 'tidak pernah terlihat secara definitif' apa? Lalu darimana mengetahui bahwa Oksigen paling banyak ketiga di kosmos?
Btw, tks infonya, masih newbie saya jadi kalau ada pertanyaan bodoh mohon diluruskan

Maksudnya Oksigen yang terlihat belum dapat dipastikan adanya. Saya juga masih newbie kok hehe..

Post on Wed Aug 10, 2016 10:14 am by Dimas Suharto

@Annisa A wrote:Maksudnya 'tidak pernah terlihat secara definitif' apa? Lalu darimana mengetahui bahwa Oksigen paling banyak ketiga di kosmos?
Btw, tks infonya, masih newbie saya jadi kalau ada pertanyaan bodoh mohon diluruskan
MUngkin maksudnya, belum ada penampakan optik yang disebabkan oleh banyaknya jumlah Molekul Oksigen. Tapi kalau mau dikatakan oksigen sebagai molekul ketiga terbanyak saya sepertinya belum bisa memercayainya heheh Very Happy Very Happy Very Happy

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik