Share
Topik sebelumnyaGo downTopik selanjutnya
avatar
joulesilolo
Pengguna Aktif
Pengguna Aktif
http://jourdanlesilolo.blogspot.com/

Pengertian Detail SUPERNOVA

on Tue Aug 09, 2016 5:50 am
Fakta - Supernova adalah ledakan bintang maha dahsyat yang terjadi di alam semesta



Sebelum mengetahui Supernova, anda harus mengetahui apa itu nova. Nova adalah peristiwa dimana sebuah bintang yang secara mendadak mengalami peningkatan kecerlangan. Peristiwa nova terjadi akibat bintang yang kembali menyala setelah tidur panjang yang disebabkan oleh bintang katai putih yang berada di dekat atau di dalam sistem sebuah bintang raksasa merah yang mengembang sehingga terjadi aliran materi ke bintang katai putih. Materi yang masih kaya hidrogen itu mencapai permukaan katai putih yang sangat panas dan memicu sebuah ledakan di permukaan bintang sehingga bintang tiba-tiba menjadi jauh lebih terang.

Nova adalah peningkatan kecerlangan bintang, sedangkan SUPERNOVA merupakan peristiwa serupa dengan peningkatan kecerlangan yang bahkan jauh lebih terang dari nova. Supernova adalah peristiwa ledakan bintang yang milyaran kali lebih terang dari nova dan dikenal sebagai salah satu cara bintang mengakhiri hidupnya.


Dahulu kala, di galaksi yang sangat jauh, sebuah bintang meledak. Ledakannya sangat besar hingga terangnya lebih bercahaya dibanding galaksi tempat bintang tersebut berada. Tipe ledakan seperti ini kemudian dikenal sebagai Supernova. Supernova terakhir di galaksi kita terjadi sekitar 400 tahun yang lalu.
Selain Nova dan Supernova, dikenal juga istilah Hipernova. Seperti yang sudah anda duga, secara singkat Hipernova adalah peristiwa yang lebih dahsyat dari supernova.

Hipernova mengacu pada keruntuhan inti bintang masif yang massanya lebih dari 30 massa Matahari bahkan lebih dari 100 massa Matahari. Ledakan bintang masif tersebut akan langsung digolongkan sebagai hipernova tanpa melihat apakah tingkat kecerlangannya melebihi supernova pada umumnya. Meskipun pada kenyataannya hipernova memiliki tingkat kecerlangan yang jauh lebih tinggi dari supernova dan menghasilkan energi 100 kali lebih besar dari supernova. Salah satu bintang yang diperkirakan akan berakhir sebagai hipernova di masa depan adalah bintang Eta Carina di rasi Carina.


Sumber : joulesilolo's Private Blog (Seputar Fakta!)  Very Happy Very Happy lol!
Topik sebelumnyaKembali Ke AtasTopik selanjutnya
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik