Bukti-bukti Kalau Bumi Itu Bulat

Share
avatar
armanfikri
Pengguna Baru
Pengguna Baru

070816

Bukti-bukti Kalau Bumi Itu Bulat

Post by armanfikri


Belakangan ini lagi rame tentang isu Bumi datar. Gak heran sih, perlu diakui orang Indonesia minat bacanya rendah, jadi pas nonton video di yucub yang bilang Bumi datar malah langsung telen bulat-bulat aja, ga mau cari tau informasi yang sahihnya.

Teori (palsu) yang menyatakan Bumi datar gampang banget sebenernya dipatahkan, mulai dari kenapa matahari terbit dan terbenam padahal katanya matahari cuma muter-muter di atas Bumi, atau kenapa bintang-bintang bergerak (terlihat saat kita motret star trail) padahal katanya Bumi ini diam.

Gambar Bumi bulat katanya juga cuma CGI (Computer Generated Imaginery). Bener sih, semua gambar juga melalui proses komputer, cuman banyak orang-orang norak aja yang baru kenal CGI yang gak tau apa itu CGI sebenernya. Sejauh ini saya gak nemu foto Bumi datar, yang bisa jadi bukti otentik kalau Bumi bener-bener datar, yang ada foto Bumi bulat dari berbagai lembaga antariksa di dunia, gak cuma dari NASA-nya Mamarika aja.

Bukti-bukti Bumi bulat menurut saya:
Pertama, ketinggian posisi matahari. Kita di Indonesia ada di ekuator, matahari kalau di tengah hari posisinya hampir persis di atas kepala. Tapi kalau kita menjauhi garis ekuator, matahari akan terlihat berpindah posisi yang lebih rendah di langit. Misal kita ke Inggris, matahari di tengah hari posisinya agak ke selatan, dan kalau ke Australia mataharinya agak ke utara. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya lengkungan di Bumi yang menyerupai bentuk bola, membuktikan Bumi ini bulat.

Kedua, gerhana Bulan. Bulan April tahun lalu kalau ga salah ada gerhana Bulan total di Indonesia. Yang kita tau dari belajar di bangku sekolah, gerhana Bulan terjadi saat Matahari-Bumi-Bulan segaris lurus. Bumi menutupi cahaya Matahari yang diterima Bulan. Bayangan Bumi akan terlihat melengkung ketika terjadi gerhana Bulan. Ini membuktikan bahwa Bumi berbentuk bulat seperti bola.

Ketiga, planet lain berbentuk bulat, kenapa Bumi datar? Jumlah planet di alam semesta ga terhitung banyaknya. Di tata surya kita aja total ada 8 planet termasuk Bumi, dan semuanya bulat. Logikanya, kalau planet lain bentuknya bulat, Bumi sudah pasti bulat, karena termasuk jenis planet di tata surya. Tapi aneh juga ada yang bilang planet-planet itu fake, padahal percaya dengan Tuhan yang menciptakan alam semesta.

Itu aja sih yang mau saya ulas. Ada sanggahan?
Share this post on: Excite BookmarksDiggRedditDel.icio.usGoogleLiveSlashdotNetscapeTechnoratiStumbleUponNewsvineFurlYahooSmarking

avatar

Post on Sat Oct 15, 2016 12:57 pm by Alisha Dihyan

@Elsie Sabina wrote:
ulfah_nurlaeli_ wrote:Tapi setauku mereka tidak pernah menganggap Planet lain selain bumi.
Sombong ya mereka Mad  kalau planet lain gak dianggep ada, sama aja mereka membantah ciptaan Tuhannya.. scratch scratch
mereka gak punya modal buat beli teleskop, jadinya gabisa deh ngeliat yang namanya planet Cool
avatar

Post on Sat Oct 15, 2016 5:16 pm by Jafar30

keren kak Very Happy
avatar

Post on Sun Oct 16, 2016 1:52 pm by z47

@Ryma wrote:Begitulah orang-orang yang gak toleran dan cetek pemikirannya. Belajar agama cuma setengah-setengah tapi main tafsir ayat asal nyambung aja, disangkut pautkan ke sains pula..
bener , mereka *mungkin* salah tafsiran, ada tafsiran lain *sebenernya*  tapi mereka ngotot + cocoklogi  alhasil jadilah seperti itu '-'
avatar

Post on Mon Oct 17, 2016 10:00 am by Ryma

@z47 wrote:
@Ryma wrote:Begitulah orang-orang yang gak toleran dan cetek pemikirannya. Belajar agama cuma setengah-setengah tapi main tafsir ayat asal nyambung aja, disangkut pautkan ke sains pula..
bener , mereka *mungkin* salah tafsiran, ada tafsiran lain *sebenernya*  tapi mereka ngotot + cocoklogi  alhasil jadilah seperti itu '-'
Bukan salah tafisiran lagi, tapi asal tafsir sekenanya aja sih menurutku Sleep
avatar

Post on Tue Oct 25, 2016 2:34 am by hendramevlana

sudah gan, ginian ga ush di bahas-bahas lagi .. hahaha Very Happy, mending bahas yg lain Smile
avatar

Post on Sat Nov 26, 2016 10:20 pm by armanfikri

@hendramevlana wrote:sudah gan, ginian ga ush di bahas-bahas lagi .. hahaha Very Happy, mending bahas yg lain Smile
Hehehe...iya mas @hendramevlana, abis gregetan juga saya hahaha makasih sudah mampir

Post  by Sponsored content


    Waktu sekarang Fri Jul 21, 2017 7:37 am